Manfaat Olahraga Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :

1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
3. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

Sebelum berenang, ag tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.

Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.

Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

Iklan
Dikirimkan di umum

118 tanggapan untuk “Manfaat Olahraga Berenang

    1. saya berjilbab…alhamdulillah ga ribet
      khan ada baju renang muslimah…

      klo mengenai kolam khusus wanita…
      kebetulan di daerahku belum ada

      so Q cari waktu renang yang para lelaki ga begitu banyak dikolam….

    1. klo menurut Q bisa…
      dengan gaya dada, payudara (maaf yach) menjadi terangkat dan kencang…
      tapi asal rutin renang seminggu 2-3 kali..

      coba dech…
      dan lihat perbedaannya…

      salam,
      Nia

    1. gaya bebas…
      pinggang lebih ramping

      dan kata pengajar renangQ
      gaya renang yang bagus buat cewek, gaya bebas n gaya dada

  1. klu umur dh 21 tahun klu berenang msh bs tinngi gak ya,bnr ga seh bs gedein paydara atau cm ngencengin doank….thanks klu dijwb…

  2. wah,saya dulu ga bisa renang…sulit banget..
    tapi sekarang sudah bisa katak,dan mbatang…

    kalau mau blajar gaya bebas,itu teorinya gmana y?

  3. Wah makasih tulisannya, bermanfaat bgt… BTW nanya dunk… Yang baik untuk porsi berenang tu berapa kali ya? apakah seminggu sekali, dua minggu sekali, seminggu dua kali… Soalnya obesitas ni.. Terus mau rutin berenang, banyak kerjaan lagi, hiks…

  4. sy penderita polyneuropathy,dokter mnyarankn berenang dan bersepeda.. kira2 pengaturan frekuensi brenang-bspedany permingguny gmn? soalny blm prnah jg ngjalanin “rutinitas” ky gn..mksh y

  5. Bro setau gw selama ikut Tim Renang di jogja minimal renang itu 3x semingu itu dah palling jelek biasanya kalo mau lomba 1hari 2x pagi dan sore kalo cuman 1 x semingu boro boro mau sehat mimpi kalo mau bentuk badan,bro coaba tulisanya di teliti lebih jauh dulu paa bener bisa bentuk badan dengan renang doang kalo sehat mungkin ya kalo setiap pagi renang bisa kayak joging doang

    1. Artikel ini sy rasa utk org umum bro, bukan utk atlet. Jadi yg ditulis jg disesuaikan dg kemampuan masyarakat pada umumnya. Renang 1-2x seminggu utk org umum dah ckup bagus asal diimbangi aktivitas fisik lain yg cukup serta gaya hidup berimbang&sehat. Bagi yg sdh mahir&kuat tentu lebih bagus lagi jika frekuensinya lebih sering asalkan tetap sesuai kemampuan diri krn kebugaran tiap org ga sama. Membentuk badan bagi org umum saya kira jg relatif, dlm arti mengurangi lemak, mengencangkan otot & memperbaiki postur tubuh jika kbetulan ada yg bermasalah.

      Kalo Anda merasa seorang atlet yg bisa berlatih jauh lebih dari org pada umumnya ya silakan ja. Tapi tentu ga harus meremehkan org2 lain yg kemampuannya dibawah Anda. Atlet,baik yg amatir maupun pro, kalo bisa jgn sombong dulu lah. Banyak atlet tamat karirnya krn cedera sendi, seperti cedera bahu (swimmer shoulder) dan ligamen lutut (breaststroke knee). Umumnya krn teknik yg krg pas dan mengabaikan latihan fisik di darat utk pencegahan cedera.

  6. @nicholashoo: yg kmuw bilang ntu buat atletnya kali.. Setao akuw mereka renang jam4 pagi mpe jam7(makax yg msh sekolah harus nny ke sekolah yg akan dia masuki apa kh mereka menerima atlit cz selesenya ajah jam7 lohh.. Masuk skul kn jam7, jd harus nyari skul yg mao ngasi dispensasi)
    Trus sorenya mereka renang lage..
    Jam 4 mpe jam6 sore..

    Lo yg 1x seminggu ntu @nicholasho blg gk ada efek.. Hya ntu tergantung body orgx..

    1. Utk org umum (non atlet) sebaiknya tdk perlu renang tiap hari. Latihan 3-4x seminggu sdh bagus, klo dirasa kurang bs ditambah olahraga lain sprti joging,bersepeda atau angkat beban. Klo renang tiap hari maka hrs selang-seling antara latihan ringan dan sedang/berat. Klo slalu ngoyo/maksa diri latihan berat tiap hari, maka org umum justru rawan cedera, bisa krn teknik yg krg benar atau krn overuse (berlebihan). Perenang gaya katak rawan cedera ligamen lutut, gaya bebas rawan cedera bahu, gaya punggung rawan cedera otot leher, gaya kupu2 rawan cedera tulang punggung bawah. Klo atlet klub lain lagi, krn mrk diawasi pelatih profesional & kdg jg tenaga medis/fisioterapi.

      Penghobi renang pemula tentu hrs bertahap latihan baik soal durasi, frekuensi maupun tempo/kcepatan. Bagi yg mahir pun agar slalu mnyempurnakan teknik spy trhindar dr cedera. Lbh bagus lagi ditambah latihan lain di darat utk menguatkan otot&sendi bahu,pinggul,lutut,punggung, dan kaki. Cari ja di youtube bnyak kok. Jgn lupa olahraga apapun hrs slalu ckup pemanasan&peregangan, stlh latihan slesei hrs ckup pndinginan.

  7. kalau badan kurus…….
    Dengan berenang bisa cepat tinggi nggak?

    Dan biar cepat tinggi,harus berapa kali seminggu?
    Balas ya!

  8. Ping-balik: Berenang « cutehulk
  9. Jika anda bisa berenang dengan gaya bebas, maka pelajarilah gaya katak secara perlahan.. karena gaya katak itu lebih mudah dan tidak terlalu menghabiskan stamina/ power daripada gaya bebas.

  10. Terimakasih atas ilmunya. insya allah bermanfa’at…Read-one Bandung (Pelatih Sekolah Renang Bandung Inter-national Swim). CP: 081322806112. If you want to exercise to swim. Join with us

  11. Berdasarkan artikelnya menyatakan bahwa “Renang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang penderita gangguan persendian tulang atau arthritis”, tapi disisi lain “Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang”..

    Pertanyaannya adalah renang bagus untuk persendian tulang, tapi juga tidak baik untuk kesehatan tulang. Jadi kesimpulannya tidak baik utk tulang…?? Mohon info ttg hal ini? Terimakasih.

  12. Udah 3 minggu ini saya rutin berenang senin kamis, dan joging selasa, rabu, jumat. Awal nya persendian pada linu, dan tdk enak badan, tp lama2 terasa enak 😀 dan berusaha mengurangi kebiasaan merokok

  13. Makasih ya.. tulisannya sangat menarik. Mau tanya kalau usia 42 tahun kira-kira yang baik berenang berapa kali seminggu, berapa menit/jam untuk melakukan olahraga renang ? setelah berenang makan/minuman yang bagaimana yang boleh dimakan? selama ini setelah renang saya selalu minum teh manis hangat, berat badan saya 64kg, tinggi 154cm makasih atas jawabannya

  14. sy belajar berenang umur 31 tahun, dan ada kok hasilnya, memang sih ga instan, perlu kekonsistenan dan waktu. asal teratur. awalnya sy berenang karena saran dokter, saya menderita HNP. dan ketika mulai start belajar berenang, kaki saya masih agak tertatih tatih, alhamdulillah sekarang sudah pulih, badan lebih slim dan fit, dan benar tadi, mengencangkan dada.

  15. klo gya batu,.bermanfaat gk yy???
    gw renang sminggu 3kli,bkn’x brat bdan yg brkurang tp mlh tmbah tinggi,pdhal gw pgin’x brat bdan menrun,.???

    1. hemmmm saya renang seminggu 5 kali soalnya saya susah untuk tinggi pertanyaan saya apakah sering berenang bisa berbahaya??kata anda tulang mengapa tulang coba jelaskan

  16. misi…misi…mw nanya nih, ada yg bisa renang gaya kupu2 gak? Klo ad, bljarnya brp lma smpe bsa?gw lgi bljar neh, tpi blm bsa jga…hehe

  17. Bagus gan tulisan ente. Saya jg penghobi renang. Biar ga bosan latihan kita perlu ajak teman, baik yg lebih mahir (agar kita bs belajar darinya), maupun yg blm bisa (biar kita bs mengamalkan ilmu renang dg mengajarinya).

    Renang (dg porsi yg tepat tentunya) jg bisa dijadikan olahraga rehabilitasi loh. Seringkali djadikan latihan bagi penderita saraf kejepit maupun pasien cedera otot, sendi, maupun tulang baik yg tanpa operasi maupun yg pasca operasi untuk mempercepat pemulihan dan mencegah cedera ulang. Bisa jg sebagai latihan terapi bagi penderita skoliosis dan asma.

    Yuk kita memasyarakatkan renang. Ingat negeri kita sebagian besar terdiri dari perairan loh.

    Salam olahraga 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s