File Global.asax yang disebut juga sebagai file aplikasi dalam ASP.NET merupakan file optional (digunakan hanya saat dibutuhkan) yang berisi code untuk merespon event ataupun error di level aplikasi dan session. File ini bisa juga digunakan untuk keamanan aplikasi. Isi file Global.asax ini meliputi Application_Init, Application_Disposed, Application_Error, Application_Start, Application_End, Application_BeginRequest, Application_EndRequest, Session_Start, Session_End, dll.

File Global.asax diatur agar tiap HTTP request yang langsung(via URL) dapat ditolak secara otomatis, sehingga user eksternal tidak dapat men-download atau melihat isi Web. Framework halaman ASP.NET secara otomatis mengenali tiap perubahan yang dibuat ke file Global.asax. Framework me-reboot aplikasi, termasuk menutup semua session browser, membersihkan semua informasi, dan me-restart domain aplikasi.

Tiap aplikasi ASP.NET dapat berisi maksimal satu file global.asax. File ini berada dalam direktori root pada aplikasi ASP.NET.  Saat runtime, Global.asax di-parse dan di-compile kedalam sebuah class framework .NET yang di-generate secara dinamis dari class base HttpApplication. Proses compile pada file ini dilakukan saat pertama kali halaman aplikasi Web dikunjungi.

Jika menggunakan Visual Studio.NET untuk membuat proyek Web, maka akan ada code dibelakang fitur Global.asax ini.  Saat menggunakan compiler C#, code file berada pada Global.asax.cs.   Disini dapat dilihat contoh code pada Global.asax.

Cara menambahkan Global.asax : Application -> Add –> Component -> Global Application class

solution explorer

File Global.asax merupakan central untuk aplikasi ASP.NET. Ini menyediakan banyak event handler untuk menangani bermacam task pada aplikasi misalnya user authentication, application start up, dan menangani user session. Maka, file optional ini mampu membangun aplikasi ASP.NET yang handal.

Referensi :
http://articles.techrepublic.com
http://www.dotnetcurry.com
http://aspalliance.com