SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode / cara agar Search Engine selalu mengindex website kita diinternet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama.

SEO juga tak kalah pentingnya dengan Content,bahkan dapat dikatakan SEO adalah proses yang sangat khusus dalam membangun sebuah website komersial yang berhasil, karena untuk mendatangkan pengunjung, meningkatkan traffic dan mendapatkan Page Ranking, sebuah website harus dapat ditemukan dalam mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, MSN Live Search dll. Tak Kenal SEO maka Tak Terindex di Search Engine. Ini adalah tugas dan tantangan webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur tag-tag HTML tertentu pada halaman web.

Pada kenyataannya bahwa hampir 90 % pengunjung-pengunjung baru menemukan sebuah website dari hasil Search Engine dan Search Directory dengan keyword tertentu, disini peran SEO sangat menentukan. Sebagai seorang internet marketer pemahaman tentang SEO merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam memasarkan produk / jasa. Karena kebanyakan pengunjung dalam mencari info selalu menggunakan search engine dengan memanfaatkan kata kunci dengan harapan mendapatkan info yang relevan. Jadi untuk promosi website, SEO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan Traffic yang nantinya akan memberikan banyak pengunjung dan dengan semakin banyaknya pengunjung maka diharapkan akan banyak penjualan yang terjadi melalui rekomendasi web kita.

Tujuan dari SEO adalah :
** Menaikkan rangking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga dapat di munculkan di halaman pertama search engine untuk keyword yang telah ditentukan
**  Mendatangkan trafik / pengunjung ke website kita dengan media Search Engine secara gratis
**  Mencari pengunjung yang targeted / Pengunjung yang kita harapkan untuk web kita
**  Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan (Income / Omzet penjualan) melalui Rekomendasi webIncome / Omzet penjualan
**  Meminimalkan biaya pemasaran online

Untuk mengaplikasikan SEO, pada dasarnya proses SEO ada dua cara yaitu Internal SEO dan External SEO yang berbeda dalam melakukan optimizasinya, apakah dalam page pada situs kita atau dengan bantuan situs lain.

Internal SEO, yang perlu dipehatikan:
#  Title Tag : Judul halaman yang biasanya pertama kali di index oleh Search Engine jadi biasakan membuat judul yang relevan dengan keyword yang paling banyak dicari pengunjung.
# Keyword Meta Tag : Bagian dari kata Meta Tag yang berfungsi agar keyword dalam suatu halaman agar dapat dikenali robot search engine.
# Header Tag : Titel dan sub titel yang biasanya berada pada isi halaman / content dari artikel yang ditulis.
# Alt Tag : Keterangan tambahan untuk sebuah link atau file image
# Deskripsi : Ringkasan dari sebuah halaman yang tampil pada list search engine yang memungkinkan menarik perhatian bagi pengguna search engine
# Sitemap : Peta situs yang biasanya berupa script xml yang diletakkan pada home directory yang berguna untuk memudahkan spider dari Search Engine untuk menelusuri url-url yang ada dalam situs agar dapat mengupdate perubahan-perubahan yang terjadi dalam situs
# Content : Isi dari artikel yang ditulis usahakan agar banyak mengandung keyword tetapi memperhatikan penyusunan kalimat agar pengunjung mudah mengerti maksudnya.

External SEO dengan membangun link pada situs-situs luar :
*  Web Submission : Gunakan layanan Web Submission pada situs-situs yang mempunyai page rank 3 atau 4 keatas untuk mendafatarkan url-mu.
* Link Exchange: Pertukaran Link dengan teman-teman Blog. Cara ini juga punya pengaruh terhadap Page Rank.
* Submit Directoy : Daftarkan situs anda ke direktori online yang profesional dengan begitu link dan jaringan situs semakin banyak karena search engine biasanya mendapatkan hasil pencarian dari web directory yang dikelola profesional.
* Tinggalkan jejak dalam forum-forum yang aktif diikuti dengan menambahakan url-mu diakhir komentar.
* dll art metris ( dan lain-lain artikel metris )

Referensi :
http://metris-community.com/tips-internal-eksternal-seo
http://metris-community.com/definisi-seo/
http://www.seo-id.com/tujuan-fungsi-seo.html