Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang menawarkan beragam wisata yang menarik. Mulai dari wisata alamnya yang terkenal seperti Tangkuban Perahu, ciwidey dan masih banyak lagi hingga wisata belanja. Disini tersedia banyak sekali Factory outlet, Distro, Mall, Boutiq, kompleks pakaian bekas dan pusat grosir dan eceran. Kali ini, saya ingin berbagi sedikit narasi mengenai wisata belanja yang ada di kota Bandung.

Factory Outlet
Dari namanya sudah mendeskripsikan bahwa ini adalah outlet yang menjual barang2 hasil pabrik. Namun jangan salah mengira, mungkin anda berpikir bahwa barang2 pabrik yang diproduksi secara masal ini memiliki kualitas yang kurang bagus dan model pakaian yang kurang mengikuti mode. Memang pada dasarnya itulah ciri dari FO, namun tidak semua FO di Bandung memiliki konsep seperti itu. Misalnya jika anda menuju Jalan RE.Martadinata atau sering disebut Riau, maka anda akan menemukan serentetan FO. Tiap FO disini memiliki ciri masing2. Misalkan saja FO Chinatown yang memiliki arsitektur dekorasi seperti bangunan2 Cina, lalu ada Heritage yang memiliki koleksi pakaian selayaknya Boutiq, kemudian ada FO khusus pria yang letaknya tepat di depan FO The Summit, lalu ada yang khusus menjual produk2 tas dengan berbagai macam model yaitu Terminal Tas dan juga ada pula FO yang menyediakan fasilitas cafe dan life musik seperti pada Renarity Factory Outlet. Jika hari sabtu dan minggu tiba, maka anda akan melihat begitu banyak kendaraan roda empat yang berplat B (Jakarta) di sepanjang jalan. Hal ini membukatikan bahwa wisata belanja ini digemari oleh warga dari luar kota. Selain di RE Martadinata, masih banyak FO yang ada di kota Bandung, yaitu di sepanjang jalan Ir.H Juanda Dago dan di jalan Setia Budi Ledeng. Segmennyapun berbeda-beda, mulai dari untuk kalangan menengah kebawah hingga untuk kalangan menengah atas.

Distro
Distro merupakan singkatan dari Distribution Store. Sebutan ini diberikan untuk toko-toko pakaian yang menjual barang2 seperti kaos, topi, jaket, jeans, belt, sepatu dan aksesoris khusus anak muda. Pada umumnya distro hanya menjual produk dengan bentuk yang sama namun terdapat diferensiasi dalam hal warna dan design atau gambar. Di Bandung, anda dapat menjumpai beberapa distro seperti 18 Park di Jalan RE Martadinata, Plaza Parahiyangan di depan Masjid Agung Jawa Barat, dan di beberapa pinggir ruas jalan di sepanjang jalan Cihampelas, Buah batu, Dipati ukur dan masih banyak lagi.

Mall
Mall di Bandung jumlahnya cukup banyak. Ada Bandung Indah Plaza (BIP), Bandung Super Mall (BSM), Braga City Walk (BCW), Cihampelas Walk (Ciwalk), Istana Plaza (IP), Paris Van Java (PVJ). Biasanya mall-mall ini ramai pada hari weekend. Tiap mall memiliki keunikan atau ciri khas yang mampu menarik minat para pengunjung, sehingga bukan hanya sebagai tempat untuk berbelanja saja tapi juga bisa menjadi tempat untuk rekreasi. Jika BIP selalu ramai karena letaknya yang strategis dan BSM yang dikhususkan untuk kalangan menengah keatas maka IP menawarkan fasilitas untuk bermain Ice Skatting, lalu ada BCW yang sering menyelenggarakan Fashion show kemudian PVJ yang terdapat tempat untuk Karaoke yaitu Inul Vizta dan juga bioskop Megaplex yang belum ada di mall-mall lain dan terakhir Ciwalk yang mempunyai arsitektur bangunan seperti di Luar Negeri sama halnya dengan PVJ.

Boutiq
Mungkin bagi pemerhati mode, boutiq bukanlah hal yang asing. Boutiq menawarkan produk2 dengan model eksclusiv karena pembuatannya dilakukan secara khusus  dan dijamin keunikannya sehingga tidak pasaran. Salah satu Boutiq yang ada di Bandung misalnya Faces yang menjual produk pakaian khusus party yang bisa kita jumpai di BIP dan masih banyak lagi boutiq2 lainnya.

Kompleks Pakaian Bekas
Ada 2 tempat yang menjual pakaian2 bekas yaitu Cimol di Kiara Condong dan Pasar Gedebage di Terminal Gedebage Jalan Soekarno Hatta Bandung. Pakaian2 bekas yang dijual di sini selain murah, modelnya-pun unik2. Misalnya jika kita ingin bergaya Harajuku, maka tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar untuk memenuhi keinginan kita, dengan membeli pakaian bekas kita juga masih bisa bergaya khas Harajuku. Selain pakaian, ada juga tas2 yang lucu, unik dan menarik. Asal anda pintar dan jeli untuk memilih, maka anda bisa memperoleh tas bekas berkualitas dan bermerk di sini.

Pusat Grosir dan Eceran
Bandung memiliki beberapa pusat grosir dan eceran dengan konsep modern yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan kenyamanan berbelanja. Ciri khas dari gedung2 ini yaitu adanya AC, lift, Food COurt, Toilet dan Mushola. Disini pembeli bisa menawar harga barang yang dijual dan pembeli berinteraksi langsung dengan penjual. Contohnya adalah ITC di Kebon Kalapa, KING’s di samping Masjid Agung Jawa Barat, Bandung Trade Centre di Pasteur dan juga ada Pasar Baru.

Dimanapun tujuan wisata belanja yang ingin anda tuju, hal yang paling penting adalah menyediakan budget yang cukup. Karena anda dapat tergiur oleh sekian banyak barang2 yang anda lihat dan anda sukai. Demikian info dari saya, Selamat datang di Kota Bandung dan selamat menikmati wisata belanja.