Decision Support System

Salah satu jenis sistem aplikasi yang sangat popular di kalangan manajemen perusahaan adalah Decision Support System atau disingkat DSS. DSS ini merupakan suatu sistem informasi yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Hal yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang (tools) bagi mereka.

Decision support system atau Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan salah satu jenis sistem informasi yang bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik dan berbasis evidence. Secara hirarkis, DSS biasanya dikembangkan untuk pengguna pada tingkatan manajemen menengah dan tertinggi.

DSS memiliki lima karakteristik utama (Sprague et.al., 1993):
1) Sistem yang berbasis komputer;
2) Dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan;
3) Untuk memecahkan masalah-masalah rumit yang “mustahil” dilakukan dengan
     kalkulasi manual;
4) Melalui cara simulasi yang interaktif;
5) Dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.

DSS tersusun atas komponen2 sebagai berikut:
1. Database yaitu kumpulan data yang tersusun secara terstruktur dan dalam format elektronik yang mudah diolah oleh program komputer. Data yang digunakana adalah data yang relevan
dengan permasalahan yang hendak dipecahkan melalui simulasi.
2. Model Base : merupakan kumpulan pengetahuan yang sudah diterjemahkan dalam bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. termasuk di dalamnya tujuan dari permasalahan (obyektif), komponen-komponen terkait,batasan-batasan yang ada (constraints), dan hal-hal terkait lainnya.
3. Software System : merupakan program utama dalam suatu DSS yang mengendalikan keseluruhan sistem.
4. Antar muka (user interface) : adalah tampilan program komputer.

Daftar Pustaka :
1. Indrajit,Richardus Eko. DECISION SUPPORT SYSTEM.
2. Sistem Pendukung Keputusan Klinik. 2005.

4 tanggapan untuk “Decision Support System

  1. ??? ??? ??? ??? ??? ??? ??? ??? ??? ??? ???

    asw…
    wah, terima kasih sekali atas informasi dari blognya,, sangat membantu saya dalam menambah wawasan ttg DSS…
    Tapi, maaf saya sedikit mau memanfaatkan kesempatan… gini, saya mau sharing… mohon bantuannya..
    saya sekarang sedang nyusun skripsi. ada 3 hal yang bikin saya tertarik… :laughing3:
    1. tentang sistem pakar/knowledge management
    2. sistem informasi kinerja perusahaan
    3. [b]decision support system…
    [U]case 1[/U]:
    kalo tentang sistem pakar/ knowledge management. bisa dikatakan saya nekat ngambil judul itu…. padahal saya masih awam bgt, dengan kata lain ga tau gimana cara bikin aplikasinya nantinya,,,, saya pernah membuat rancangan sistem informasi, tapi sederhana sekali, tanpa bikin memikirkan sintaks2 gitu hanya kyk melalui wizard . banyak teman yang mengatakan kalo sistem pakar itu, bikin aplikasi yang lumayan rumit.
    sistem pakar yang akan saya buat ada 2 pilihan, yakni sistem pakar identifikasi obat-obatan di rumah sakit dan sistem pakar keperawatan. kalo yang obat-obatan , rencananya hasil yang diharapkan adalah ketika user menginput nama obat, maka akan muncul deskripsi ttg obat, mulai dari indikasi, kontra indikasi, efek samping, aturan pakai, dan lainya hingga harga obat tersebut. sedangkan untuk keperawatan, nantinya user akan meninput nama penyakit atau keluhan-keluhan pasien, dan hasil yang diharapkan adalah tampilan nama penyakit, gejala, penanganan yang harus dilakukan, dll.
    tapi ada satu masalah…. secara saya anak teknik industri, banyak yang bertanya,kalo saya mengambil sistem pakar di atas, katanya dimana letak ke Teknik industri-annya?? kalo menurut saya letak teknik industrinya ya ketika menganalisis sistem dan merangcang. tapi ga tau kalo menurut org lain,,,

    [U]case 2 [/U]:
    kalo yang ini mungkin ttg sistem informasi kinerja perusahaan dgn metode BSC atau Malcome Baldridge national quality award,,,

    [U]case 3[/U] :
    nah, kalo yang ini kebetulan ada yang menawarkan,,,, yah ini semacam proyek dosen gitu,,,
    kasusnya adalah membuat suatu sistem pendukung keputusan untuk kegiatan manajerial. disini saya melanjutkan skripsi teman saya, dimana dia merancang strategi sebuah perusahaan (perusahaan baru) dari segi mesin, manusia, uang, sampai standar operasi. pokoknya dia membuat perencanaan dan pengelolaan perusahaan termasuk arsitektur strategi untuk sebuah persahaan baru yang memproduksi mesin atau alat-alat pertanian cakupannya nasional, yah.. bisa dibilang dia diibaratkan direktur n manajer perusahaan. nah, tugas saya membuat semua hal tersebut secara terkomputerisasi supaya kegiatan pengelolaan perusahaan lebih efektif dan efisien,,, ide yang awalnya muncul sih dengan menggunakan metode Decision support system… tapi ga tau de ada yang lebih bagus atw ga…

    nah pertanyaan saya,,,
    1. bagusnya saya milih judul yang mana ya.. (yang bagus tapi ga gitu rumit), karena keterbatasan saya disini adalah saya masih awam, baru belajar, dan kemungkinan utk bikin aplikasinya saya belajar secara otodidak,, selain itu, waktu saya cuma 5 bulan,…
    2. kalo utk case 1, bagusnya saya memilih obat ato keperawatan?
    3. kalo utk case 3, kira-kira bagusnya pakai metode apa ya.. apa DSS udah bagus? ato ada yang lbh bagus,,,?
    4. kira-kira saya bagusnya pakai bahasa pemograman apa? yang ga terlalu rumit ato bahkan bisa pakai wizard aja, tapi hasilnya bisa diandalkan,,,

    Dari hal tersebut, saya mohon bantuan dan sharing pengalaman ato wawasannya, karena pastinya banyak yang punya pengalaman dan wawasan yg lebih luas. mohon maaf kalo saya terlalu banyak tanya, karena masih canggung+ragu+khawatir sama masalah ini… tp saya emang minat bgt ngangkat ttg sistem informasi,,,

    mohon bantuan dan arahannya,,,
    andai saja tidak merepotkan, mohon replynya ke email saya di connie.agust86@yahoo.co.id

    arigato gozaimasu…
    danke,,,
    xie xie,,,
    kamsia,,, kamsia,,, ::)
    thankz a lot,,,,

    semoga sukses slalu….

Tinggalkan Balasan

