Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera. Provinsi yang beribukotakan Bandar Lampung ini menyimpan berbagai panorama wisata yang cukup menarik untuk dilihat. Salah satu komoditi wisata yang paling menonjol yaitu Pantai. Dari segi geografis, wilayah Lampung hampir sebagiannya dikelilingi oleh lautan. Dari sisi inilah, maka di Lampung sendiri sekarang sudah ada kurang lebih sebelas (11) wisata alam yang menawarkan keindahan Pantai. Seperti Tanjung Sekali(Pantai Tarahan), Kalianda Resort, Pantai Pasir Putih, Pantai Pulau Pasir, Merak Belantung, Pantai Mutun, Pantai Lempasing, Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, Pantai tirtayasa dan masih banyak lagi. Kesemua pantai tersebut letaknya tersebar di Tarahan Lampung Selatan, Kalianda Lampung Selatan dan Teluk Betung selatan.
Sebenarnya hampir di kesemua wisata pantai tersebut tidak ada perbedaan yang mencolok mengenai apa yang ditawarkan disana. Standardnya di setiap pantai disediakan fasilitas parkir, mushala, WC, kedai2 tempat para pedagang berjualan, pondok2 untuk para pengunjung, mainan anak-anak seperti ayunan, jungkat-jangkit, kolam pasir dll, dan penyewaan ban serta suasana pantai yang identik dengan pasir, pohon kelapa, angin yang bertiup kencang, kerang, rumput laut. Namun ada pula beberapa wisata pantai yang menawarkan fasilitas khusus seperti adanya banana boat dan Speed Boat di Pantai Puri Gading, Lalu ada Tanjung Selaki dengan Banana Boat-nya, Kemudian ada snorkling, massage,SPA,Villa&Bungallow di Kalianda Resort dan adapula yang menyajikan Orkes Hiburan Rakyat di beberapa tempat pada saat-saat atau event-event tertentu. Kesemuanya itu menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan tempat-tempat tersebut istimewa dimata para pengunjungnya.
Keuntungan yang mampu diperoleh dari keberadaan tempat2 wisata ini tentunya berimbas pada pendapatan daerah yang meningkat dari sektor wisata. Hal ini bersumber dari pajak yang sudah sewajibnya dibayarkan kepada daerah oleh para pengembang ataupun investor yang menanamkan modalnya untuk pengembangan tempat wisata tersebut. Selain itu, dengan makin menjamurnya wisata pantai, akan berdampak pada pengurangan pengangguran karena terciptanya lapangan kerja baru. Dan terakhir, dampak terhadap gaya hidup masyarakat, dimana masyarakat akan semakin dimanjakan dengan mudahnya akses baik dari segi lokasi maupun biaya membuat masyarakat semakin mencintai keindahan dan panorama pantai yang indah.