Dunia ini sedang didatarkan, begitulah kata Thomas Friedman dalam bukunya yang berjudul “The World is Flat”. Menurutnya ada 10 kekuatan pendatar dunia dan 6 diantaranya berhubungan erat dengan teknologi informasi, yaitu WWW, Opensourcing (linux, blogging, wikipedia), Software Revolution (people collaboration), Informing (yahoo and google), Outsourcing dan Steroid (PDA, mobile apps). Sejalan dengan meningkatnya jumlah pemakai internet yang hingga kini telah tercatat bahwa besarnya mencapai angka 1 miliar lebih, maka internet sudah bukan lagi menjadi hal yang baru dan asing, bahkan semua aspek kehidupan saat ini sudah tiba bisa dihilangkan ataupun dipisahkan dari internet ataupun penggunakan teknologi informasi dan komunikasi lainnya. Globalisasi saat ini bahkan sudah bukan lagi dipengaruhi oleh negara atau perusahaan, melainkan sudah dilakukan oleh individu atau komunitas kecil atau bahkan hanya dipengaruhi oleh orang perorang atau sekelompok orang. Contohnya adalah para tokoh-tokoh yang mampu mendatarkan dunia melalui teknologi. Sebut saja Bill Gates, tokoh terkenal di bidang IT ini mampu mendatarkan dunia dengan penemuannya yaitu yang berlabel Microsoft .
Sebenarnya kita bisa belajar dari para tokoh sebelum kita, bagaimana mereka bisa sukses dan bagaimana perjalanan karir mereka. Seiring perkembangan tenologi yang terus berkembang dengan pesatnya, maka diperlukan sumber daya manusia yang mengarah pada versalitist yaitu para spesialis atau orang-orang yang memiliki kemampuan spesifik namun juga memiliki skill verbal atau kemampuan komunikasi serta  bisa menawarkan produk ke pihak lain dengan baik. Disinilah jiwa marketing dan entrepreneur digunakan. Jadi tidak hanya memiliki keunggulan defacto seperti kreatifitas dan mampu bekerja dengan baik atau disebut juga dengan softskill tetapi juga dibutuhkan kemampuan dejure yaitu kemampuan yang diperoleh dari pendidikan formal dan diakui melalui sertifikasi yang formal atau disebut juga dengan hardskill. Kedua kemampuan ini sudah seharusnya dimiliki oleh sumber daya manusia agar dapat memiliki andil dalam proses pendataran dunia atau hal paling minimal yang mampu dilakukan adalah mampu menjadi selebritis di bidangnya. Contoh nyata yang bisa kita temui adalah bapak Romi Satria Wahono sebagai pendiri ilmu computer.com. Beliau adalah tokoh yang mampu menggunakan dua kemampuan hardskill beserta softskill secara bersamaan. Kemampuan dasar hardskill di bidang IT ditambah daya khayal, inovasi dan kemampuan komunikasi, maka beliau mampu konsisten di jalur teknologi informasi. Sebagai mahasiswa yang bergelut di jalur pendidikan berbasis teknologi sudah seharusnya kita berkaca pada para tokoh-tokoh sebelum kita agar mampu memotivasi untuk menggunakan semua kemampuan secara optimal serta tidak pernah bosan untuk selalu terus belajar dan membuka pikiran terhadap perubahan yang tidak pernah berhenti.

Daftar Pustaka :
Wahono,Romi Satria. Arah dan Trend SDM IT. dikutip 24 September 2007. [Online] Available: http://www.RomiSatriaWahono.net/