Hiruk-pikuk dan polusi udara ditambah kemacetan merupakan beberapa ciri dari kota Jakarta. Namun, jangan langsung berpikir negatif dan menolak jika saat anda merencanakan berlibur, kota Jakarta ditawarkan untuk masuk dalam list tempat libuaran anda. Sebab, dibalik kemacetan dan hiruk pikuk kota Jakarta ternyata terdapat begitu banyak tempat2 menarik yang sayang jika tidak dikunjungi dan bahkan tidak sedikit yang bernilai sejarah.
1. Monas
Tempat yang satu ini terletak di JakPus, berdekatan dengan Stasiun Gambir dan Masjid Istiqlal. Jika anda berkunjung pada malam minggu maka anda akan disuguhkan dengan hiburan air mancur menari yaitu air mancur yang dimodifikasi gerakannya seperti sedang menari. Selain itu, ada pertunjukan film kartun yang diproyeksikan ke layar yang terbentuk dari kumpulan pancuran air dari kolam air mancur menari itu. Untuk foto2, jangan khawatir karena pemandangan monas hari malam hari cukup indah sebab pantulan lampu warna2 membuat monas bergonta-ganti warna hiau, orange, atau ungu. Namun jika anda memilih pagi harinya untuk mengunjungi monas, sambil lari2 pagi lalu diteruskan dengan menaiki puncak monas. Khusus Mahasiswa tiketnya hanya 3750. Lumayan untuk sekedar melihat2 kota Jakarta dari ketinggian monas.. selain itu di lantai dasar, terdapt museum perjuangan Indonesia. Disini kita bisa melihat replika para pejuang berdasarkan peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa-masa tertentu. Di Luar Monas, ada kumpulan batu2 kali yang ditata sedemikian rupa yang digunakan untuk melancarkan peredaran darah melalui rangsangan dari kaki. jadi, kita bisamelangkah di tumpukan batu2 tsb.
2. Balai Sarbini
Bagi penggemar Indonesian Idol atau Mamamia pasti sudah tidak asing lagi bila mendengar kata Balai Sarbini. Tempat pertunjukan kompetisi menyanyi itu terletak di daerah Kuningan Jakarta Timur, tepatnya di samping Universitas Kristen Maranata. Pada saat pertunjukan seperti Indonesian Idol ataupun Mamamia berlangsung jangan heran bila tiba2 di pintu masuk Balai Sarbini terdapat begitu banyak petugas yang berjaga-jaga. Mereka tak lain merupakan kru yang sedang mempersiapkan acara yang banyak ditunggu2 oleh pemirsanya ini. Selain itu, aliran kendaraan biasanya tak berhenti beberapa saat sebelum acara di mulai. Makanya tak heran bila kita menyaksikan begitu banyak penonton di Balai Sarbini saat kita menyaksikannya dari depan televisi. Namun, ternyata untuk menjadi penonton, tidaklah gampang. Contohnya Indonesian Idol, tidak sedikit kocek yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan hiburan yang satu ini. Kira2 300ribu rupiah untuk 2 tiket atau mengikuti kuis2 yang diadakan Indonesian Idol untuk memperoleh 1 tiket. Jadi, bila budget tidak memungkinkan, faktor keberuntungan jadi satu2nya harapan atau hanya duduk manis di depan layar televisi saja jika tidak mau repot2. Tapi, jangan kecewa dulu, sebab hal itu tidak berlaku bagi penonton Mamamia. Tidak ada pungutan sama sekali jika ingin menyaksikan langsung Mamamia dari Balai Sarbini. Namun anda bisa mem-booking tiket dengan menghubungi pihak indosiar atau boleh juga jika ingin nekat masuk tanpa tiket, jadi tergantung bagaimana kita merayu petugas agar mengizinkan kita masuk.
3. Dunia Fantasi ANCOL
Orang bilang, ke Jakarta tapi tidak ke ANcol sama saja bohong. Benar juga, sebab hiburan yang satu ini sangat sayang jika dilewatkan. Apalagi ada wahana baru yang bernama “Tornado”. Wahana baru yang menjadi incaran utama pengunjung Dufan khususnya remaja dan dewasa. Dijamin adrenalin akan terpompa jika anda menaiki wahana yang satu ini. Basah2an dan berputar 360 derajat menjadi ciri khas Tornado. Selain itu, masih banyak wahana yang tidak kalah serunya seperti Halilintar, Kicir-kicir, Ombang-Ambing, Kora-kora, Rajawali, Pontang-Panting, Arung Jeram, Niagara-gara dll. Khusus untuk pengunjung keluarga yang memiliki anak balita, Pertunjukan Kera dan Istana Boneka merupakan tempat yang sangat pas untuk dimasuki karena anak-anak pasti akan senang menyaksikannya.
4. Senayan City dan Plaza Semanggi
Mall ini ditujukan untuk kalangan atas, dengan pengklasifikasian berdasarkan merk. Hampir semua brand terkenal di dunia ada disini. Dan sudah dapat dipastikan pengunjungnyapun mayoritas berkantung tebal. Jangankan barang-barang, untuk mencicipi makanan di Food Studio pun harganya hampir berkisar mulai puluhan ribu rupiah. Nah, kalo anda termasuk tipe sederhana dan lebih suka berburu barang-barang khususnya pakaian modis namun dengan harga yang lebih terjangkau, masih ada mall lain yang menawarkan konsep tersebut misalnya Plaza Semanggi atau yang biasa disebut “Pelangi”. Disana banyak pilihan apalagi untuk kaum muda-mudi, dijamin anda tidak akan ketinggalan mode jika berbelanja di sini.
5. Jakarta Convential Centre
Tempat yang paling sering sebagai tempat2 pertunjukan, pameran, konser musik dll. Contohnya Final Indonesian Idol, Final AFI, Konser para musisi terkenal baik dalam maupun luar negeri, Pameran Komputer, dll. Selain gedungnya yang memang sangat luas, lahan parkirnya pun sangat luas, sehingga bahkan ada yang harus berjalan agak jauh dari parkir menuju ke dalam gedung.
6. Tanah Abang
Pusat grosir yang sangat terkenal di Jakarta. Semua macam kebutuhan sandang ada disini dengan harga yang bisa ditawar. Tidak hanya grosir, disinipun anda bisa membelinya secara eceran. Untuk yang memiliki bisnis toko pakaian, maka anda bisa membeli barang2 untuk stock toko anda di Tanah Abang karena dibeli secara grosir, maka harganya pun lebih murah dari eceran sehingga anda bisa memperoleh laba yang lumayan dari penjualan kembali atau eceran di toko anda.