Hampir di setiap kosan khususnya puteri memberlakukan jam malam. Da beberapa yang saya lhat, kira-kia jam 10-11 malam jam malam diberlakukan, dan bagi yang melanggar biasanya ada sangsi tersendiri atau dengan konsekuensi lain yaitu tidak diperbolehkan masuk. Sepertinya topik jam malam kelihatannya menarik untuk dibahas. Oleh sebab itu. disini saya akan mencoba menjabarkan 10 alasan yang menurut saya cukup logis untuk menjawab kenapa sih ada jam malam. Mudah2an dengan alasan2 di bawah ini mampu menjadikan jam malam sebagai suatu peraturan yang memang penting dan harus diberlakukan.
1. Saya ngeliat itu sebagai sebuah aturan yang sudah umum, ditetapkannya jam malam yakni jam sepuluh. Kalo dari mana asalnya jam 10 itu saya kurang tau. Tapi, sebenernya tujuan diberlakukannya jam malam itu, tidak terlepas dari nilai moral dan etika yang berlaku dalam masyarakat.
2. Khususnya buat para cewek, banyak selentingan yang kurang mengenakkan apabila mereka sampai larut malam masih berseliweran di mana2 walaupun hanya di kampus.
3. ”Tidak enak sama orang”, itu mungkin alasan yang terlalu basi, tapi sebagai makhluk sosial yang hidup di tengah-tengah masyarakat yang berbudaya, kita harus tetap menjaga nama baik kita, jangan sampai timbul fitnah akibat kesalahan yang kita perbuat, walaupun banyak alasan yang ada dibalik dari kesalahan tersebut.
4. Kebiasaan, perlu digarisbawahi, yang tadinya tidak biasa, jadi biasa. Itu yang ditakutkan, merasa enjoy dan biasa2 saja saat pulang larut malam. Karena secara tidak langsung hal tersebut sudah mengajarkan untuk biasa pada kehidupan malam, tidak hanaya yang di diskotik, kafe atau kegiatan lain yang bersifat hedonis-konsumtif, tapi apapun kegiatannya yang awalnya untuk kepanitiaan–lah atau apapun juga, kemungkinan untuk hal-hal lain yang bisa saja negatif itu dapat terjadi.
5. Dari segi fisik, logikanya kalo sudah terlalu cape’ sama kegiatan hingga larut malam, kondisi fisik pasti menurun. Misalnya ngerjain tugas mpe begadang, paginya bukan segar yang didapet tapi males2an karena kecapean. Padahal istirahat di malam hari sangat penting untuk mengumpulkan energi untuk memulai aktivitas dipagi harinya.
6. Kebiasaan buruk bangun siang, ini bisa saja terjadi pada orang-orang yang terbiasa tidur larut malam, jadi sekalian melatih kita untuk disiplin.
7. Keamanan, siapa yang bisa menjamin seseorang yang jalan tengah malam itu bisa bebas dari gangguan2, seperti preman/warga asli yang doyan mejeng. Ada cewek lewat bisa saja ia jadi sasaran. Lalu, serangan misionaris (gak perlu dijelasin, karena saya juga masih belum paham) dan gangguan2 lain yang tidak bisa diprediksi oleh manusia.
8. Kebiasaan berkumpul lawan jenis. Dalam hal ini juga tidak menutup kemungkinan gangguan syetan saat ada kesempatan (tiiiiiiit sensor……….)
9. Efektivitas waktu (ini buat cewek yang emang udah terbiasa tidur larut malem), jadi kalo jam 10 udah di kamar/ kosan, waktu yang ada bisa digunain buat ngerjain tugas, belajar, bikin tulisan or apa aja yang kadang gak kamu lakuin. Jadi ga ada alasan buat para aktivis, dapet nilai jelek akibat kekurangan waktu buat belajar. Itu non sense, coz kita sama-sama diberi waktu 24 jam, tinggal bagaimana kita mengatur & menggunakannya aja. 10. Terakhir, yang bisa jadi bahan renungan buat kita semua yaitu Pertanggung-jawaban kita sama Yang di-Atas. Buat para cewek, 3 hal yang membuat kita masuk syurga yaitu : mampu menjaga ibadahnya, mampu menjaga kehormatannya dan patuh pada suami. Selentingan miring dari orang, sudah sama saja dengan menjatuhkan kehormatan diri kita. Itu yang perlu diingat.