R.A Kartini, Riwayat dan Perjuangannya

Judul : R.A Kartini, Riwayat dan Perjuangannya
Penulis : Drs. Mardanas Safwan
Sutrisno Kutojo
Tebal : 65 halaman
Penerbit : PT. Mutiara Sumber Widya
Tahun : Cetakan Pertama 1985
Cetakan Kedua 2001
Cetakan Ketiga 2004
“Hidup itu akan indah dan berbahagia apabila dalam kegelapan kita melihat cahaya terang”
sepotong kalimat yang diucapkan R.A Kartini semasa hidupnya ini mampu memberikan arti dan spirit tersendiri dalam perjuangan meraih persamaan dan kesetaraan gender atau disebut juga emansipasi.
Siapa yang tidak kenal dengan R.A Kartini. Wanita kelahiran 21 April 1879 ini merupakan
perintis perubahan bagi kaum wanita. Ia lahir dari keluarga bangsawan yang berpikiran maju dan sosoknya yang cekatan, lincah, pintar, suka belajar dan haus akan ilmu pengetahuan. Saat usia 7 tahun, ia bersekolah di Sekolah Kelas Dua Belanda. Selain belajar di sekolah, ia juga kerap memperoleh pelajaran Bahasa Jawa, memasak, menjahit, mengurus Rumah Tangga dan pelajaran agama di rumahnya. Keluarganya sangat mengedepankan pendidikan. Sebagai seorang gadis kecil yang lincah ia hanya berpikir mengenai sekolah dan bermain. Hingga suatu hari seorang teman Belanda-nya bertanya mengenai cita-cita Kartini setelah tamat sekolah. Ia mulai memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut sampai akhirnya ia memikirkan untuk mengubah nasib kaum wanita di kemudian hari. Usia 12 tahun, setelah tamat sekolah dasar, Kartini menjalani masa pingitan. Hidupnya berubah, ia kesepian dan tidak boleh melanjutkan pendidikan. Hidupnya ibarat burung dalam sangkar emas. Keluarganya yang memegang teguh
adat lama, tidak menyetujui keinginan Kartini yang menghendaki perubahan. Kartini hanya bisa mencurahkan cita-cita perjuangannya dalam bentuk surat. Ia rajin menulis surat kepada temantemannya di Belanda. Isinya mengandung cita-cita yang luhur, terutama untuk mengangkat derajat wanita Indonesia. Berkat surat-surat ini, tahun 1903 didirikan Sekolah Kartini Pertama di Semarang. Dan di usia 25 tahun, R.A Kartini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.
Perjuangan R.A Kartini tidak serta merta didapatkan begitu saja, butuh proses dan perjalanan panjang dalam menapakinya. Ketidaksetujuan keluarga ditambah celaan sebagai penentang adat dan tradisi datang selama proses menuju perubahan. Namun R.A Kartini tidak berhenti, ia tetap dengan pendiriannya untuk melawan kebiasaan atau adat yang kuno dan kolot. Ia ingin agar wanita Indonesia setara dengan pria, memiliki hak bukan hanya kewajiban dan juga bisa sejajar dengan wanita-wanita dari Negara lain.
Penjabaran di atas hanya sepenggal dari kisah panjang R.A Kartini semasa hidupnya yang
dikutip dari sebuah buku berjudul R.A Kartini Riwayat dan Perjuangannya. Buku setebal 65 halaman ini mampu menghipnotis pembaca untuk merasakan penasaran akan kisah-kisah R.A Kartini karena penyajiannya yang teratur dan sistematis dimulai dari masa kanak-kanak, masa muda, masa dewasa, perjuangan R.A Kartini dalam mencapai emansipasi wanita, perjuangan dalam bidang pendidikan, dan saat-saat terakhir hingga kemajuan wanita Indonesia sesudah R.A Kartini wafat. Selain itu, disertakan pula gambar yang walaupun hanya sedikit, namun cukup untuk menggambarkan sosok R.A Kartini dan kehidupan pada saat itu. Bahasa yang dipakai mudah dimengerti dan tepat sasaran sehingga cocok untuk dibaca oleh semua kalangan baik tua maupun muda. Karena memang buku ini tidak terlalu tebal, maka dapat dibaca pada waktu luang dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, di akhir halaman terdapat rangkuman dari isi buku sehingga lebih membantu proses pemahaman jalan cerita dari buku ini.
Bagi para mahasiswa, buku ini cocok untuk menambah referensi bacaan bermutu karena selain kita bisa lebih mengenal dekat sosok R.A Kartini, kita juga bisa mengetahui bagaimana sulitnya perjuangan R.A Kartini saat itu dan sudah seharusnya kita bangga memiliki seorang tokoh seperti R.A Kartini.

Iklan

255 thoughts on “R.A Kartini, Riwayat dan Perjuangannya

  1. Mari geh, bersama kita menjadi ‘Kartini-Kartini Masa Kini’
    Agar bangsa kita, Indonesia tercinta, bangga memiliki dua orang tokoh seperti kita..
    Hehehe 😆 serius nih!!
    Fight-OH..!!!

      1. okeeeeeeeeeeeeeeeee mbak vio novita sarii km cantik dehc ,ibukita kartini adalah pejuang wanita yg harus kita hargai kalau tidak ada ibu kartini kita akan bodoh sampai sekarang balas ya mba

    1. oke la kalu begitu kita terus mengingat terus jasa kartini maupun itu kartini dulu maupun kartini sekarang.

    2. Good kartini..i’m proud of kartini!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11 ayooo!!!!! belajarr agar bisa meneruskan cita2 kartini 😀 🙂 ^_^

  2. gin, udah baca ‘habis gelap terbitlah terang’ apa belom?
    wah disitu seru. banyak yang kita ga tau tentang kartini, ternyata disana diulah habis.
    satu yang ane sayangkan. banyak orang yang salah tafsir dengan ajaran kartini. kartini itu bukan menuntut persamaan hak antara wanita dengan pria. dia hanya menuntut supaya wanita bisa memperoleh pendidikan yang semestinya. itu saja. dan aku sendiri bangga bangsa kita memiliki tokoh seperti beliau. namun sayangnya beliau syahid ketika melahirkan anaknya. semoga 4JJ memberikan tempat yang indah di sisi-Nya.amin.

  3. Helllo frends gue mau minta tolong dooong…gue ada tugas buat biografi R.A. Kartini,trus kisah hidupnya dari lahir ampe wafat.pleasssss ada yang bisa tolongin gak??????
    kirim ke email gw ye : hendra_s23@yahoo.com
    ^-^
    Thanks before

  4. Hi… frienndzz aku dIetYa aku seneng banget bisa baca artikelny Kartini, karena kita bisa tau mengapa R.A Kartini bisa disebut sebagai pembela kaum hawa, beliau cuma ingin wanita di mana pun bisa menerima pendidikan yang baik.

    Coba kalau kita bisa mencontoh beliau… pasti pendidikan untuk wanita bisa lancar…..

    emang kita harus bangga terhadap R.A Kartini karena perjuangannya aku sebagai perempuan seneng banget denger ceritanya beliau……….

    dIetYA
    tya_gaule
    di jogja…

    hihihihihiihihi

  5. Hai…. aku cristalia, aku udah baca semua buku tentang riwayat hidupnya Kartini… kisah hidupnya mengisahkan bagaimana Kartini bisa tetap sekolah dan menerima pendidikan yang baik ia bersekolah di Sekolah kelas dua Belanda…
    Ketika ia akan melahirkan anak akhirnya ia menghembuskan nafas terakhirnya…

    Kita memang harus bangga terhadap beliau..
    Dengan perjuangannya yang melahirkan anak hingga ajal menjemputnya……

    dari Cristalia
    dari jogja
    ………….

  6. Halo gimana tertarik sama riwayat hidup sang Kartini……
    Pada tanggal 21 April kita memperingati hari Kartini……
    Emang, waktu aku kecil sering ngerayain hari Kartini……
    Aku bangga punya pahlawan seperti beliau……..
    Hidupnya memang di daerah bangsawan Belanda…..
    Sekolahnya pun di sekolah kelas dua Belanda…..
    Hebat kan…..
    Ketika ia lulus aekolah dasar ia dilarang melanjutkan sekolahnya
    Ia berfikir bahwa harusnya wanita bisa memperoleh pendidikan yang baik……..

  7. Kartinni hebat banget sih…
    kalo dulu nggak ada Kartini, gak bayangin deh kaum cewek gimana nasibnya.
    cuma masak ama nikah doang!

    1. betapa luar biasanya p3rjungan beliau, meperjuangkn nasib kaum wanita di indonesia, nah maka dari itu kita sebagai wanita harus bis menjadi seperi beliau, kalau beliau bisa kenapa kita nggaaak… betul3x

  8. tau.. tuh…
    perasaan banyak pahlawan wanita lain yang perjuangannya jauh lebih heroik ketimbang maaf .. RA Kartini, sebut saha Cut Nyak dien… siap yang gak tau pait getirnya perjuangan beliau …, atau tokoh wanita lainnya seperti dewi sartika… yang pada usia 18 tun dah bikin sekolahan buat anak rakyat jelata tapi koq serasa disepelekan,saya hanya ingin penilaian yang berimbang kepada semua pahlawan kita, jangan hanya ikut-ikutan mengagung-agungkan tetapi tdk tahu persis apa yang mereka perbuat

  9. Hah…. Kartini hidupnya didaerah bangsawan Belanda, berarti dia terpengaruh pemikiran Barat na…
    Jangan dikira penjajahan Belanda berdampak buruk bagi pendidikan Indonesia donk..
    Buktinya Kartini mau sekolah di sekolahan Belanda
    mana sekolahan buatan Indonesia
    bisanya cuma Copy-Paste ilmu doang..
    Sip dah.. tuh kemajuan buat kaum wanita Indonesia dari KArtini

    I Love You Kartini

    dari Pendekar Cina
    Ciaaaaaaaattt ~!!!

  10. Kartini seorang pahlawan tanpa tanda jasa tanpa pengorbanannya kita tidak bisa seperti sekarang ini.Kita bisa mengenal ilmu,dan yang lebih penting kita kaum hawa bisa dapat tempat yang sama dengan kaum adam.Dari R.A Kartini kita bisa belajar walaupun telah mendapat kesempatan yang sama dengan Kaum adam tapi beliau tidak meninggalkan tugasnya sebagai seorang isteri.Nah itu bagus banget tuh kalau semua Kaum hawa seperti itu pasti anak2 di dunia seneng cz ibu mereka wanita karir sekaligusw ibu rumah tangga yang baik.

  11. WuIcH…kErReNNNn!!!!!I LoVe rA.KaRtInI…AqUw iNGiN BeRgUnA SePErtI BeLiAu…iBu kArTiNi TerImAkAsIH…SeMogA ApA YaNg EnGkAu bEriKaN pAda kAmI dI BLaS oLeH Allah SWT….AMIEN!!!!!!!

  12. Perjuangan RA Kartini sebenarnya lintas gender. Kita sering salah dalam mengingat jasa beliau “hanya” emansipasi(ini justru orang/ prof dari Belanda lho yang bilang). Lihat saja tulisan beliau (di Museum Jepara ada) Akan tiba saatnya masa yang benderang bagi kaum pribumi (pribumi khan men and women). Salah satu contoh usaha beliau yang terlihat sampai sekarang yaitu memperkenalkan ukiran pribumi (Jepara) ke pasar Eropa (pengukir juga kebanyakan justru men).

  13. R.A.Kartini bukan menuntut kesetaraan gender seperti yang kita pahami sekarang. Beliau hanya memperjuangkan hak wanita Indonesia pada masa itu di bidang PENDIDIKAN. Jzk.

  14. Ada kalangan yang meragukan kebenaran surat-surat Kartini. Ada dugaan J.H. Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan saat itu, merekayasa surat-surat Kartini. Kecurigaan ini timbul karena memang buku Kartini terbit saat pemerintahan kolonial Belanda menjalankan politik etis di Hindia Belanda, dan Abendanon termasuk yang berkepentingan dan mendukung politik etis. Hingga saat ini pun sebagian besar naskah asli surat tak diketahui keberadaannya. Menurut almarhum Sulastin Sutrisno, jejak keturunan J.H. Abendanon pun sukar untuk dilacak Pemerintah Belanda.
    Kartini diciptakan untuk kepentingan belanda karena dia tidak seheroik Cut Nyak Dien (1850-1908)

  15. ..Good BAngeeT Laa pOKoX e…………..!!!!
    kiTa hArus bZa sprti iBu R.A KARTINI………!!!!
    yAnX dAh bErkorBAn bwAt kAta pAra KauM perEmpuAn………….!!!
    ..oKeeeEEEEeeee……………

  16. hai girls jangan pernah kita lupakan sosok dari Bunda kartini.
    karena dengan mengingatnya,kita kan selalu berusaha tuk menjunjung tinggi martabat dan kehormatan diri kita sendiri…

  17. Emansipasi itu hak sama tanpa ada batas gender laki-laki atau perempuan. Satu hal yg perlu kita pahami bahwa sebagai kaum Hawa tetap harus menjaga harkat dan martabat wanita. Sikap, tingkah laku dan perkataan tetap sebatas norma yg ada…

    >>ERWIN, SOLO<<

  18. wah saya salot dengan R.A kartini perjuanganya tak pernah letih saya percaya bahwa R.A kartini adalah pejuang yang baik dan sejahtera berkat dya km smua maju

    ”INDONESIA BISA”

  19. q’ta h’ruzzzzzzzzzzzzz m’ngpai cta2 q’ta s’tnggi mngkn!!!!!!!!!!!!!!!

    j’ngn lhup b’ljr teruzzzzzzzzzzzzz……….ute??????????

  20. Hidup Ibu kita Kartini!!! Juga Kartini2 masa kini!!! hari ini di Pantai Kuta- Bali,kita para cewek2 surfing tryout surfing pake kebaya untuk nanti tgl 18 dalam rangka menyambut hari Kartini!!! Majulah perempuan Indonesia!!!

  21. dengan semangat perjuangan kartini mari kita hidupkan kembali kartini_kartini dalm versi modern, untuk mawas diri agar tak cukuplah kita sekedar tahu perjuangan beliau tapi juga meneruskan perjuangan beliau.

  22. kartini adalah phlawan nasional yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.
    beliau sangat perihatin terhadap nasib kaum perempuan di indonesia, , , , ,

    “marikah kita semua menjadi kartini yang mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif”

    terutama kita seorang perempuan. . ….

    ^_^

  23. berilah kesempatan kepada perempuan apabila dia memang memiliki potensi. negara ini membutuhkan kartini-kartini lain yang berjuang untuk bangsa dan negara dan bukan untuk ambisinya

  24. Horeee, besok adalah hari special untuk wanita. Yaitu hari Kartini. WAAAh bener2 special! Thank’s Ibu Kartini, tanpamu Indonesia tak akan maju. Pada lagu Ibu Kita Kartini terdapat lirik “sungguh besar cita2nya bagi Indonesia” Terima kasih banyak ttg perjuanganmu. Semua perjuanganmu tidak sia2 sampai kapanpun. Jasa2mu kan abadi selama-lamanya. 🙂 8) (cool)

  25. Waahhhhh lengkapp bgdtt…..
    beda bgdtt sm yg akkuh bwat..
    akkuh jg adda tugas bikin biografi R.A Kartini..
    tp gag s’lengkapp ituwhh…
    bwat yg nuliss nii artikell hebbat bgd….

  26. rena peot sekali ngelebihin gua tau tari kiting sekali klo w si bdn nya s sedang ga kaya si rena gua rena tari juga sempurna hahahahahahahah …………………………………………………………………………………………… cape nulis nya tau

  27. WiH…..
    BanGGa Bgt DueH ma RA.KARTINI
    tanpa pengorbana & perjuanganNya beliau mun9kin seKarang kaum HaWa masih dianggAP rendah….
    pokokE I love U dh..RA.KARTINI

  28. Kartini adalah sebuah mitos sejarah yg di ciptakan Belanda..
    Sadar atau tidak sadar Kartini adalah sebuah bukti keterjajahan Indonesia oleh Belanda.. Sebagai Bangsa Indonesia saya lebih bangga kepada pejuang wanita Cut Nyak Dien..

  29. sungguh menakjubkan ibu kartini..
    dan tahun ini saya ikut lomba kebaya kartini…
    semua karena kekaguman saya kepada ibu kartini,,,

  30. sebasar apapun atau sehebat apapun cita-cita kartini tetap itu sebuah cita-cita, bukan sebuah kenyataan, karena kartini tidak mempunyai keberanian untuk berjuang layaknya seorang pejuang. dia hanyalah seorang tamatan SD dan seorang selir, yang kartini miliki hanyalah angan-angan dan harapan bahwa wanita akan sederajat dengan kaum pria, dia tidak pernah berhasil merealisasikannya bahkan untuk dirinya sendiri

    dibandingkan dengan pejuang wanita indonesia lainnya kartini kurang pantas untuk disejajarkan, bila kita bandingkan dengan cut nya’ dhien, perjuangan kartini tidaklah berbanding. pahlawan aceh ini tidak hanya mampu menunjukan bahwa wanita bisa berperan, tapi dia menunjukkan bahwa wanita mampu berdiri di depan laki-laki sebagai pemimpin. dia menunjukkan bahwa wanita tidak hanya sederajat tapi mampu memiliki derajat yang lebih tinggi dari laki-laki. dan wanita itu lah yang patut untuk d contoh!

  31. bagi yg membaca khusus pereempuan kita harus menegakkan wanita2 indonesia sebagai yg terbaik….!! ayo kita berjuang untuk menggapai cita2 kalian semua… agar hidup semakin tentram, rukun, DLL…..!!! OKAY…??!! setuju…??!!

  32. waw…..
    ibu kartini memang hbat bget. . . .
    klo’ gk da ibu kartini qt gk kan kyk ginie….
    thank’s ibu kartini. . . . .
    🙂
    😀

  33. Tolong juga memuat tentang organisasi-organisasi yang sempat di bangun dan di ciptakan oleh R.A.Kartini.

    Atas perhatian.aa terimakasih.

  34. Wah hebat yah R.A kartini ,beda banget sama kita sekarang kan udah jamannya elektronik . Kita harus selalu ngenang nama R.A kartini ! 😉

  35. hmh aku tau apa judul yg r.a kartini punya.

    nama judul nya adalah : habis gelap terbitlah terang

    benar kan…..????

    hehehe

  36. Kartini makasih ya udah menjunjung martabat perempuan tanpa mu aku paling bisanya di kurung di rumah trus makasih ya ,,

  37. Ibu yang telah mempertahankan kita sudah mati marilah berjuang untuk bangsa kita dan tetaplah menyanyikan lagu IBU KITA KARTINI

  38. Wa…sunggu istimewa dn angun skli ibu kartini, pahlawan kta riwayat dn perjuangan ny ibu kartini gk mau kalh…. Bkn it sja kta jga mih menyanyikn lg ibu kta kartini ?

  39. ibu kartini adalah pahlawan wanita yang berjasa bagi kaum waniat dan saya sendiri bangga pada ibu kartini tanpa beliaw mungkin kita tidah bisa begini ( kaum wanita )

  40. ibu kartini adalah pahlawan inidonesia yang membuat bangga kaum wanit saya sendiri adalah penggemar ibu kartini karena tanpa dia kaum wanita tidak akan bisa kayang sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s