Latest Entries »

Sulam usus merupakan kerajinan khas Lampung yang sangat terkenal. Disebut sulam usus karena bentuk dari sulamannya yang seperti usus. Bahan dasar sulam usus ini adalah kain satin yang mempunyai karakteristik mengkilap, mewah dan elegan. Sifat bahan yang jatuh dan halus memudahkan untuk membuat berbagai macam pola seperti lurus, melingkar, pita, ulir dll. Awalnya sulaman ini diketahui sebagai penutup dada (bebe) dalam pakaian pengantin tradisional wanita adat Lampung.

Namun sekarang penggunaannya sudah meluas dari kebaya, taplak meja, sarung bantal dan macam-macam aksesoris lainnya.

Image

Potensi pasar kain sulam usus ini sangatlah besar, mengingat bentuknya yang khas serta memiliki bandrol harga yang lumayan tinggi. Namun kekurangannya adalah waktu yang lama dalam proses produksinya dan jumlah pengrajin yang masih sedikit.

Saat ini sulam usus sudah mendunia, berkat tangan dingin Aan Ibrahim, seorang designer asal Lampung yang berhasil menyulap sulam usus ini menjadi rancangan berkelas dunia.

Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronchus) (saluran udara ke paru-paru).

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari:

– Sinusitis kronis
– Bronkiektasis
– Alergi
– Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak

Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh:

– Berbagai jenis debu
– Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
– Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
– Tembakau dan rokok lainnya.

Gejalanya berupa:

1. batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
2. sesak napas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan
3. sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
4. bengek
5. lelah
6. pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
7. wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
8. pipi tampak kemerahan
9. sakit kepala
10. gangguan penglihatan.

Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan.

Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis. Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.

Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.

Sesak napas terjadi jika saluran udara tersumbat. Sering ditemukan bunyi napas mengi, terutama setelah batuk. Bisa terjadi pneumonia.

Untuk mengurangi demam dan rasa tidak enak badan, kepada penderita dewasa bisa diberikan aspirin atau acetaminophen; kepada anak-anak sebaiknya hanya diberikan acetaminophen. Dianjurkan untuk beristirahat dan minum banyak cairan.

sumber : wikipedia

Apalah Arti Cinta – SHE

Apalah arti cinta, bila aku tak bisa
Memilikimu..
Apalah arti cinta, bila pada akhirnya
Tak ‘kan menyatu..

**
Sesulit inikah jalan takdirku
Yang tak inginkan kita bahagia

***
Bila aku tak berujung denganmu
Biarkan kisah ini ku kenang selamanya
Tuhan tolong buang rasa cintaku
Jika tak kau ijinkan aku bersamanya

Back to * ** ***

Inilah saatnya aku harus melepaskan dirimu

Tuhan tolong buang rasa cintaku
Jika tak kau ijinkan aku bersamanya

Blink 182-Stay Together for the kids

It’s hard to wake up
when the shades have been pulled shut
this house is haunted
it’s so pathetic
it makes no sense at all
I’m ripe with things to say
the words rot and fall away
if a stupid poem could fix this home
I’d read it every day

So here’s your holiday
hope you enjoy it this time
you gave it all away
it was mine
so when you’re dead and gone
will you remember this night
twenty years now lost
it’s not right

Their anger hurts my ears
been running strong for seven years
rather than fix the problems
they never solve them
it makes no sense at all
I see them everyday
we get along, so why can’t they?
if this is what he wants
and this is what she wants
then why is there so much pain?

So here’s your holiday
hope you enjoy it this time
you gave it all away
it was mine
so when you’re dead and gone
will you remember this night
twenty years now lost
it’s not right

So here’s your holiday
hope you enjoy it this time
you gave it all away
it was mine
so when you’re dead and gone
will you remember this night
twenty years now lost
it’s not right
it’s not right
it’s not right
it’s not right..

==========================================================

Liriknya punya sense tersendiri. Pemaparan yang cukup sesuai untuk menggambarkan perasaan seorang anak yang mengalami keadaan yang ‘not right’ di keluarganya. Mungkin dengan lagu ini, kita sebagai calon2 orang tua dimasa depan sudah seharusnya mengambil pelajaran bahwasanya tidak ada anak yang bahagia hidup di tengah keluarga yang berantakan. b’coz believe or not, this shit is so true man..Very excellent song!!

Manfaat Olahraga Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :

1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
3. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

Sebelum berenang, ag tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.

Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.

Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

Aku Hanyalah Pohon Kota

Ketika matahari datang dengan senyumnya, angin berhembus dengan lembutnya dan langit terpapar dengan memamerkan keindahannya, para manusia lalu lalang dengan kedua kaki menapak gagah di permukaan bumi. Satu persatu terlihat semakin menjauh, semakin mendekat dan ada pula yang hanya berputar-putar menunggu keberkahan hari. Itulah gambaran manusia kota yang lewat di sepanjang jalan ini. Jalan protokol di jantung kota yang bersandingan dengan gedung-gedung pencakar langit tempat para kuli berpakaian rapi mengejar kumpulan kertas bernilai sebagai modal untuk menikmati dunia.

Sedangkan aku, tumbuh perlahan sedikit demi sedikit, satu cm satu hari, memanjangkan akar untuk mendapatkan air dan sari mineral yang berguna untuk tubuhku, menghijaukan daun dan merontokkannya agar aku tak kekurangan air, mengokohkan batang agar mampu berdiri dengan tegap, mengeluarkan oksigen disiang hari agar kota ini tidak mati dipenuhi polusi dan kadang-kadang aku mampu menjadi pelindung manusia dikala matahari sedang marah dan tak bisa diajak kompromi. Itulah aku, aku hanyalah sebatang pohon yang hinggap dan menetap di tengah kota. Aku sendiri dan aku menua ditengah-tengah peradaban metropolis.

Kemanakah teman-temanku? Sangat disayangkan mereka tak sekokoh dan seberuntung aku. Ada yang lapuk dimakan waktu. Ada pula yang harus menjadi korban pihak manusia yang ingin memanfaatkan tanah tempat mereka tumbuh. Sungguh aneh manusia-manusia itu, hanya karena ingin meletakkan mesin beroda yang memberi mereka kenyamanan didalamnya, mereka rela mengorbankan kenyamanan diluar. Mereka terlalu nyaman dengan persembunyiannya. Mereka sudah tidak lagi peduli dengan kenyamanan sesungguhnya yang semestinya harus mereka ciptakan. Teman-temanku dibuang hanya untuk lahan parkir. Akan seperti apa lagi kota ini jikalau aku nanti punah dan tidak ada penerusku. Polusi akan semakin menjadi-jadi. Terik akan semakin memuncak. Buruknya lagi jika Tuhan murka dan menurunkan hujan tanpa henti berhari-hari. Siapakah yang membantu manusia menelan air-air itu. Aku tak habis fikir, kenapa manusia-manusia cerdas itu memiliki hati yang keras dan pikiran yang sempit. Tapi sudahlah. Kesaksianku tidak akan ada gunanya karena aku tidak bisa berbicara. Aku hanya bisa menyaksikan dan diam di tengah kota besar karena aku hanyalah pohon kota.

Oouch!! mataku terselip debu. Kenapa tiba-tiba banyak sekali debu beterbangan disini. Oh ternyata debu ini terbawa angin saat langkah sepatu-sepatu dekil itu bergerak mendekatiku. Ah, lagi-lagi seperti ini. Aku bosan melihatnya, tapi sesungguhnya aku tidak akan bosan jika aku ikut bersama mereka karena aku juga ingin berkontribusi menyuarakan aspirasi saat suara hati kaum sudra tak lagi didengar. Ayo mahasiswa, aku mandukung kalian. Tetaplah suarakan jeritan hati kaum kecil dengan intelegensia dan kreatifitas kalian. Tetaplah gunakan bara semangat dan kekuatan kalian untuk belajar berjuang di jalan yang benar. Tetaplah gunakan hati dan nurani kalian untuk merasakan dan menentukan kebenaran hidup. Melihat demonstrasi yang selalu menyuarakan kebaikan, aku jadi berfikir lagi. Jika saja tiap tahun, negeri ini melahirkan pemuda-pemuda yang berjuang membela kebajikan seperti yang aku saksikan saat ini, berarti akan semakin baik pula negeri ini kedepannya karena jiwa-jiwa yang kotor telah terkikis dan tergantikan. Namun, kenapa masih begini-begini saja negeri ini, padahal aku sudah menyaksikan ratusan bahkan ribuan lebih adegan ini bertahun-tahun. Apa semua itu hanya skenario untuk mencari simpati dan mendongkrak kepopuleran semata. Kalau memang benar seperti itu, munafikkah mereka? mengutuk si koruptor padahal mereka juga calon-calon koruptor? Inilah pertanyaan yang tidak mampu aku jawab hingga hari ini karena aku tidak berinteraksi, tidak berkomunikasi dan tidak tahu apa yang mereka lakukan setelahnya. Aku hanya bisa menyaksikan dan diam di tengah kota ini karena aku hanyalah pohon kota.

Matahari perlahan menjauh dan sinarnya mulai meredup dikala sore tiba. Keadaannya tidak sepanas tadi siang. Tapi kenapa bising sekali. Suara sirine itu menghancurkan keheningan sesaat yang aku rasakan. Wooow, ada dua, bukan.. tapi tiga, empat, lima tepatnya enam mobil pemadam kebakaran lewat melintasi jalan didepanku. Sudah dapat ditebak, arah mobil-mobil itu tepat ke sebuah pemukiman padat di pinggir kota. Mengerikan sekali. Aku tak dapat membayangkan seganas apa si jago merah yang akan mereka padamkan dengan begitu banyaknya armada. Walaupun sudah pasti ada korban materi yang hilang namun aku berdoa semoga saja tidak ada korban jiwa yang melayang. Begitulah, kota ini sudah terlalu rapat, jarak satu rumah ke rumah lainnya terlampau dekat. Materialnyapun kadang-kadang seadanya dan buruknya lagi terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Belum lagi sambungan arus pendek listrik yang memicu munculnya api menjadi langganan masalah. Ironisnya, ini sering terjadi di pemukiman warga yang hidup kekurangan. Kasihan mereka. Hati ini terpanggil untuk membantu, tapi apa daya aku tak memiliki kaki untuk berjalan dan tak memiliki tangan untuk menyelamatkan. Aku hanya bisa diam karena aku, hanyalah pohon kota.

Keringat perlahan berjatuhan dari dahi wanita tua itu. Daki semakin mengering di tubuh anak kecil yang malang itu. Pergi pagi pulang petang, ke jalanan untuk mencari makan. Seorang ibu menggendong anak balita tak berdosa semata-mata untuk kepentingan perut. Yah, mau bagaimana lagi, pekerjaan sulit didapat. Tanpa rasa malu tangan dibawah menjadi andalan mereka yang tidak ingin kelaparan. Aku sedih melihatnya. Siapakah yang harus dipersalahkan karena semakin banyak yang mencari rezeki dengan jalan menjadi pengemis. Mereka sendiri yang tidak mau berusaha dengan mencari pekerjaan lain yang lebih terhormat, para dermawan yang membuat mereka semakin nyaman dengan pekerjaannya, pemerintah yang tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk mereka, atau justru Tuhan yang memberi mereka nasib. Oh tidak, Tuhan tidak dapat dipersalahkan karena bagaimanapun juga nasib masih dapat diubah dengan berusaha. Jadi apa artinya ini? Hmm, aku bingung sendiri dibuatnya. Biarlah waktu yang menjawab karena aku tak mampu berbuat apa-apa. Aku hanya bisa diam karena aku, hanyalah pohon kota.

Lama-lama aku bosan. Hari ke hari aku menyaksikan hal yang sama. Aku butuh suatu perubahan. Ahaa..aku senang hari ini, disaat aku akan mengakhiri sore dengan keletihan, tiba-tiba saja ada dua pria muda sedang memasang spanduk bertuliskan “PENANAMAN SEJUTA POHON”. Sebuah program independen yang dilaksanakan sekelompok anak muda yang prihatin dan peduli terhadap lingkungan. Syukurlah, inilah yang aku tunggu-tunggu, aku senang melihat ini. Paling tidak aku tidak perlu khawatir jika saja hari esok aku tidak disini lagi. Dan akupun bisa tenang manakala petugas kota akan membuangku malam ini seperti yang mereka lakukan terhadap teman-temanku sebelumnya.

wali – cari jodoh

Apa salahku apa salah ibuku
Hidupku dirundung pilu
Tak ada yang mau dan menginginkan aku
Tuk jadi pengobat pilu
Tuk jadi penawar rindu
Tuk jadi kekasih hatiku

*
Timur ke barat selatan ke utara
Tak juga aku berjumpa
Dari musim duren hingga musim rambutan
Tak kunjung aku dapatkan
Tak jua aku temukan
Oh tuhan inikah cobaan

**
Ibu-ibu bapak-bapak
Siapa yang punya anak
Bilang aku aku yang tengah malu
Sama teman-temanku
Karna cuma diriku yang tak laku-laku

***
Pengumuman-pengumuman
Siapa yang mau bantu
Tolong aku kasihani aku
Tolong carikan diriku kekasih hatiku
Siapa yang mau

Back to *, **, ***

Ibu bapak punya anak
Bilang-bilang aku aku yang tengah malu
Sama teman-temanku
Karna cuma diriku yang tak laku-laku

================================================

lagunya easy listening, enak buat dinyanyiin, merakyat banget sampe-sampe pengamen-pengamen khususnya anak-anak banyak yang menggunakan lagu ini sebagai lagu andalan dan terakhir jujur.. sukses deh buat wali😀

cerbung(3)

Selasa pagi, di ruangan kelas 3 IPA 6. Saat itu aktifitas kelas berjalan seperti biasanya. Para siswa sudah ada yang duduk-duduk di dalam kelas sambil mengobrol sebelum bel masuk berbunyi dan ada pula yang masih berkeliaran di luar kelas dengan kegiatan masing-masing. Ada Putu sang ketua kelas yang bercengkrama dengan Septi, Udjo dan Fahri di depan pintu kelas. Ada Meri, Putri dan Afi yang bergosip di tepi taman di luar kelas. Ada pula Toni yang justru sendirian, berdiri dan diam sambil berulang kali melihat layar ponsel yang digenggamnya.

Tak lama kemudian datang sesosok wanita paruh baya berambut setengan beruban dengan tas yang dijinjing yang isinya tak lain tak bukan adalah sebuah buku tebal dengan judul “Sejarah Nasional Indonesia”. Antusiasme belajar tidak terlihat di kelas itu. Entah kenapa mata pelajaran yang satu ini menjadi kurang diminati bahkan terkesan membosankan. Padahal banyak Bangsa besar di dunia, mata pelajaran sejarah dipakai sebagai pembentukan karakter bangsa dan untuk menanamkan benih kecintaan pada tanah air karena mereka sadar bahwa kemajuan yang diperoleh sekarang tidak pernah lepas dari perjuangan para founding father di masa lalu. Namun, ironisnya yang terjadi di Negara kita sendiri adalah para siswa dibuat sibuk menghafal tanpa memperoleh esensi sejarah itu sendiri. Sungguh miris.

Terlepas dari itu semua, raut wajah Toni saat itu seperti sedang dirundung pilu. Walaupun ada sedikit rasa mulai tumbuh di hati Toni untuk Eri. Tapi, dengan alasan persahabatan yang tidak ingin dikotori dengan perasaan yang lain, Toni tetap memilih untuk mencoba memberikan hatinya pada salah satu murid perempuan dari kelas lain yang dikenalnya  dua bulan yang lalu saat sedang bertandang ke rumah sahabatnya yang juga satu kelas dengan sang pujaan hati. Cinta pada pandangan pertama. Itulah yang terjadi pada Toni.

Selama masa-masa sang guru sejarah bercerita tentang Kerajaan Majapahit, raut wajah Toni tidak banyak berubah dan itu mengundang tanda tanya Tya dan Eri. Hingga saatnya pelajaran selesai dan bel istirahat berbunyi, mulailah percakapan antara 3 orang sahabat tersebut.

Eri : “kenape lu, kusut amat muka lu?”
Toni : “cewek tu emang brengsek tai kucing” *berkata penuh emosi*
Tya : “sabaar, koq jadi ngamuk gini. Gak seburuk itu koq. istighfar, kata2 lo bisa nyakitin hati orang laen tau. Kalau kata Rasul mah Berkatalah yang baik atau diam” *Tya selalu mengaitkan permasalan dengan jalan kembali ke agama*
Eri : “iya nih, buset ngomong lu kasar amat, gimana gak kabur cewek2” *ucapan Eri selalu to de point*
Toni : “hmfffff….gw udah frustasi, gw udah coba bersikap baek, gw udah sopan ke dia, gw udah mencoba selalu membantu dia saat dia ada masalah, gw coba kasih perhatian tapi apa yang gua dapet, cuma kecewa sebagai orang yang gak dianggap bahkan sebagai temanpun. Gw ngerasa gak dianggap, cuma karena apa? KARENA GW SUKA SAMA DIA. Apa salah kalo gw perhatian sama orang yang gw suka?? thoh masih dalam batas kewajaran” *melampiaskan kekesalan*
Tya : “oo, maksud lu cewek yang lo ceritain kemaren?” *kasus mulai terkuak*
Toni : “Sorry ya buat para cewek-cewek tapi kadang emang sikap kalian udah kelewatan buat menyikapi kebaikan orang lain. Apa salahnya kalo ada orang yang suka sama kalian toh mereka cuma mau memberi sesuatu buat orang yang disukai bukan berarti berharap lebih kan, cuma sekedar pengen berbagi dengan orang yang berarti dihati dia. Tolong hargai sedikit. Jangan anggap kayak sampah dimata kalian dan seakan kalian sempurna cuma karena aku INGIN MENGAGUMI” *curahan hati seorang yang mengagumi*
Eri : “Wooooow..so sweet banget kata2 lu. gini nih kali lagi jatuh controng. Tapi masalah hati mah gak bisa dipaksainlah karena smua udah ada yang ngatur. Inget hukum sebab akibat. Bisa aja kan sikap cewek itu sebagai bentuk perlawanan karna ngerasa gak nyaman sama sikap lu. introspeksi diri dulu deh. Tenang aja masih banyak koq cewek laen. Lagian baru kenal beberapa bulan koq, masih ada waktu buat nunjukin kalo lu tuh gak seburuk yang dia kira” *mengganggap semua masalah menjadi simple*
Toni : “apa, perlawanan? gak nyaman? soalnya cewek selalu merasa paling benar, paling sempurna seakan kalo udah ada yang perhatian berarti ada udang di balik batu tanpa pernah memberi kesempatan untuk sekedar berbagi. Bilang sikap gw yang salah yg mana? satu2nya kesalahan gw cuma karena GW SUKA SAMA DIA. Dan dia gak pernah memandang gw cuma karena dia pikir gw bakal maksain dia buat jadi cewek gw. Ga!! gak sama sekali gw cuma pengen berbagi selama gw bisa, gw cuma pengen ngisi sedikit arti di hidup dia meski tidak untuk memiliki, tapi gimana bisa kalo udah ada prejudice! Dasar brengsek!” *kekesalan dan emosi berpadu jadi satu*
Tya : “Gw tau lo orang baek Ton, seperti cerita yang selalu gw denger selama ini dan semua perlakuan lo, perhatian lo sebagai implementasi rasa suka dan kekaguman lo pada cewek itu, semua ga ada yang salah koq.. Hanya saja ada satu yang kurang, yg lo belum punya, yaitu ikhlas. lo bilang kalo lo ‘bukan berharap lebih’ tapi lo berharap dianggep. Menurut gw hati dan pikiran lo gak kompak. Coba deh untuk ikhlas Ton, insyaAllah, dia bakal luluh dengan kabaekan lu” *mencoba menilai dengan bijak*
Toni : “Thx Tya, gw cuma udah cape aja, gw gak tau harus gimana lagi. Ikhlas untuk diperlakukan nggak adil cuma karena perasaan yang masih sulit gw mengerti” *merasa sedikit tenang tapi masih kecewa*
Eri : “Ya ampun, trus menurut lu cewek mesti gimana? nerima perhatian cowok yg kagum sama dia, trus kalo cowonya semakin suka, keq kasus lu, apa gak lu ndiri yang ntar malah makin suka, capedeh, dibekin salah dikasarin juga salah, gimana gak ditendang kalo gitu” *gak terima gitu aja sikap Toni*
Toni : “Ah macam betul aja lo.. Emang lo tau gitu perasaan gw? Emang lo tau gw bakal gimana kalo udah deket? Jadi menurut lo dengan mutusin pertemanan jadi solusi? Hah gaya lo sok ceramah, gw cuma gak suka dengan cara kayak gini..emang cewe tu brengsek tai kucing!” *kemarahan yang kembali mencuat karena sentilan Eri*
Eri : “makanya gw nanya mesti gimana cewek? Jangan nyalahin aja donk, kalo lu aja tutup mulut, emangnya gw bisa baca isi hati orang, plis deh.. klo cuma bisa nyalahin, sama aja lu dengan yang lu omongin, cwe jg bisa bilang cwo tu brengsek tai kucing!” *makin tidak terima kata-kata kasar Toni*
Toni : “He,,udahlah ri gak usah diterusin ntar malah kita yg pacaran lagi hehe.. lagian dia juga gak tau yang kita omongin disini, ketemu sama gw aja dia gak mau. dia emang bener2 tai kucing” *merasa Eri perhatian sama dia*
Eri : “hahaha dasar gila, nasib lu apes! Masalahnya gw jg bakal ngelakuin hal yang sama kalo ada setan ngejer2” *menganggap kejadian Toni adalah hal yang lucu*
Toni : “sialan lo ri, sesetan2nya gw, gw jg milih2 ogah banget gw ngejer mak lampir kayak lo wuahahaha” *bertengkar atau bercanda?*
Tya : “Ri udah yuk, laper nih”
Eri : “oya, sory ya mak lampir mau nyari cowok ganteng dlu, yuk Tya, ke kantin”
Toni : “Yaelah, mending nyari ki joko bodo aja sono dibawah pohon asem haha” *??????*
Tya : “iih kalian ini” *seakan sudah hafal kebiasaan kedua temannya ini*

Toni tertawa. Sekali lagi, Tuhan membolak-balikkan hati manusia dengan caraNya yang unik.

***

(percakapan disadur dari pembicaraan di status FB,, thx 4 d’inspiration)

Kamus asp.net (1)

Trim
——
Trim :  fungsi Trim digunakan untuk menghapus karakter spasi di kedua sisi baik kiri/awal maupun kanan/akhir kalimat
Contoh :
UserName = ” Lisa Shea ”
ada spasi dalam penulisan username. Dengan menggunakan
UserName = Trim(UserName)
dapat mengubah Username menjadi “Lisa Shea” dengan tanpa spasi

Regex
——–
Regex (Regular Expression Validator) merupakan cara terbaik untuk mem-validasi textfield misalnya nama, alamat email, no.telepon, dan informasi lain tentang user. Kita menggunakan regex untuk membatasi inputan, menerapkan format tertentu, dan memeriksa panjang karakter.

Contoh beberapa Format validation expression :
untuk alamat url :
http(s)?://([\w-]+\.)+[\w-]+(/[\w- ./?%&=]*)?

untuk Format alamat email :
\w+([-+.’]\w+)*@\w+([-.]\w+)*\.\w+([-.]\w+)*

Validation expression lainnya, lihat disini

Substring
————
Fungsi substring mengembalikan bagian dari string mulai dari starting index karakter ke panjang karakter string yang didefinisikan secara spesifik. Penggunaan fungsi substring pada C# ada 2 cara, yaitu:

1. Substring(int startIndex) : menerima hanya sebuah parameter dengan tipe integer starting index dari posisi karakter dalam string.
2. Substring(int startIndex, int length) : menerima 2 parameter, pertama tipe integer untuk starting index posisi karakter dalam string dan parameter kedua yaitu tipe integer untuk panjang atau jumlah karakter yang ditampilkan pada string.

Contoh program menggunakan fungsi substring dapat dilihat disini

Empty, clear, nullable
—————————
utk mengeset textbox dengan karakter kosong dapat menggunakan :
txtTitle.Text = String.Empty;

untuk menghapus textbox agar kosong dapat menggunakan :
textBox.clear();

Untuk mengeset tipe data yang pada dasarnya tidak ada nilai null tapi ingin ditambah ada null dapat menggunakan :
Nullable<Int32>, Nullable<bool>

Pada dasarnya kemandirian merupakan suatu refleksi dimana individu ataupun masyarakat mampu mengenali dan mengatasi masalah sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Dengan kemandirian tersebut, maka Bangsa ini bisa lebih kreatif dan mampu bersaing dengan Bangsa-bangsa lain di dunia.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa masih banyak aspek vital di Indonesia yang masih membutuhkan campur tangan pihak ekspatriat. Padahal sudah diatur dalam pasal 33 UUD 1945 ayat 2 yang berbunyi: “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”, atau ayat 3: “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Maka akan berbahaya jika investasi asing menyentuh bagian vital negara yang bersifat strategis dan berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti telekomunikasi, air minum, listrik dan tambang.

Kita bisa lihat pada beberapa BUMN di Indonesia. Saat ini pemegang saham mayoritas Indosat adalah Qtel(Qatar Telecom) yang menguasai 49,1 persen, sedangkan Pemerintah Indonesia hanya memiliki 14,9 persen. Selain itu, kreatifitas dalam mengelola BUMN juga masih kurang, contohnya Pertamina yang mencari profit sebesar-besarnya dengan monopoli dan pengelolaannya masih diserahkan pada pihak asing. Bahkan lucunya, Pertamina malah melakukan bisnis di luar bidang perminyakan. Belum lagi PT. Freeport yang mengeruk kekayaan alam di Papua berupa emas dan kita sudah puas dengan hanya menerima royaltinya saja.

Jika kita melihat dari sudut pandang positif, investasi asing dapat membantu mengatasi pengangguran di Indonesia. Namun akan semakin banyak anak muda yang terlena dan puas dengan kehidupan menjadi karyawan. Buruknya lagi jika Investasi asing itu tidak membawa negri ini ke alam kemakmuran. Upah buruh ditekan serendah mungkin dan para pemegang kebijakan berlomba-lomba membuat policy yang hanya menguntungkan pemodal asing dan mereka sendiri serta mengorbankan hajat hidup orang banyak. Gagasan Mandiri yaitu berdiri di atas kaki sendiri merupakan solusi cermat untuk menghilangkan label ‘menjadi budak di negeri sendiri’.

Negara kita adalah negara agraris, tanah pertanian di Indonesia sangat luas dan ada peluang lapangan kerja yang sangat bagus. Namun, pemerintah kita masih kurang serius mengurusi pertanian, terbukti dengan masih belum adanya kebijakan yang mengatur antara modal dan profit dalam pertanian. Terlebih lagi, sekarang Bangsa kita justru mengimpor bahan pokok pertanian seperti padi, kedelai dll dari luar negeri. Selain itu, negara kita punya banyak tenaga ahli, badan riset teknologi, tp tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Ironisnya lagi banyak tenaga ahli kita yang lari ke luar Negeri karena eksistensi mereka di Negeri sendiri kurang dihargai, tidak sedikit orang-orang pintar Indonesia yang bersekolah di Luar Negeri namun tidak kembali ke Indonesia untuk membengun Bangsanya dan para pemimpin Negeri ini pun malah asyik kolusi dengan orang asing.

Tidak salah memang jika kita harus berkoar-koar mengedepankan kemandirian. Karena dengan inilah Bangsa kita bisa keluar dari ‘penjajahan’ yang membelenggu mental para generasi penerus. Kalau negara kita mau maju maka mental rakyatnya dulu yang harus diubah dari mental yang ingin bekerja menjadi seorang yang punya mental untuk berani berwira usaha atau mandiri. Kita harus mulai berubah dari diri kita sendiri, memperbaiki diri kita sendiri. Disinilah pentingnya “national caracter building” yang digagas Presiden Soekarno dulu agar bangsa Indonesia tetap “survive” menghadapi perubahan zaman.

*dari berbagai sumber